Sedikit Tuli

Teman saya pernah menceritakan tentang perihal dua ekor katak yang tercebur ke dalam sumur, berikut ceitanya:

Ada dua ekor katak tercebur ke dalam sebuah sumur, salah satu katak tersebut sedikit tuli, kedua-duanya berusaha untuk dapat naik dengan melompat-lompat dan terus melompat dengan diteriaki oleh teman-teman mereka di atas. Lama-kelamaan katak yang satu merasa lelah dan menyerah. “Biarlah mati aja” katanya, tapi katak yang satu lagi tetap terus berusaha, akhirnya dia melompat semakin tinggi, semakin tinggi dan ternyata sampai juga keatas. Sesampainya di atas katak tersebut langsung menyambut teman-temannya: “Terima kasih teman-temanku, kalian memang teman-teman yang baik. Kalian memberi support terhadapku, sehingga aku tetap bersemangat”. Teman-temannya saling menatap dengan penuh tanda tanya, kejadian sesungguhnya mereka bukan memberi support untuknya tapi mereka berteriak: “Rasain loe kecebur, udah nyerah aja dech, gak mungkin lo bisa keatas lagi”. Oleh karena itu katak yang satu menyerah, tapi untuk katak yang sedikit tuli, dia mengira teman-temannya berteriak untuk memberikan semangat untuknya.

Dari cerita tentang dua ekor katak tersebut kita bisa mengambi hikmah, bahwa terkadang kita perlu sedikit menutup telinga dan sedikit memejamkan mata terhadap cibiran, makian dan hal-hal negatif lainnya yang datang dari lingkungan sekitar kita yang berpotensi merubuhkan semangat dan motivasi kita untuk berusaha dan bekerja.

Islam mengajarkan kita untuk selalu berprasangka baik terhadap Allah dan jangan berputus asa dari rahmat-Nya.

“Orang sabar itu selalu berprasangka baik pada Allah karena Allah tak akan memberikan musibah –musibah dan masalah-masalah kepada manusia kecuali dibalik semua itu banyak hikmah dan kebaikannya” (QS. 2:155-157)
“…dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir” (Yusuf:12)

Hal tersebut juga dapat kita implementasikan pada masalah-masalah dan hal-hal negatif yang kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari, dengan merubah pandangan terhadap masalah dan menjadikannya sebagai bagian dari proses perjalanan kita menuju kesuksesan. Sedikit menutup telinga dan sedikit memejamkan mata, menjadikan kita dapat melihat bahwa hal-hal negatif tersebut dapat kita ubah menjadi pemicu semangat dan motivasi dengan tetap berprasangka baik dan tidak berputus asa, kita berusaha membuktikan bahwa kita lebih baik dari mereka yang mengharapkan kita berfikir seperti meraka yang telah gagal dan kita akan mengetahui bahwa saat seseorang merasa hal tersebut adalah mustahil maka ada orang lain yang mengucapkan “Ini adalah peluang emas!”.

Seorang juara tidak dikatakan sebagai juara tanpa ada sebuah persaingan, seorang juara tidak pernah berhenti berusaha dan mereka yang menyerah tidak pernah menjadi juara karena 50% dari kesuksesan ada pada perjalanan menuju kesuksesan tersebut. Jangan berhenti, kita coba 1x lagi…

Sumber: Denis Rahadian

2 thoughts on “Sedikit Tuli

  1. Adakalanya kita harus membiarkan dirikita sedikit bereksperiment dan mengeluarkan seluruh kemampuan yang dapat kita berikan…
    bukan hanya menutup diri bahkan membiarkan prasangka yang timbul dari cemoohan atau bahkan ledekan yang dapat menurunkan semangat kita..

    Ciayo…
    SEMANGAT… jangan biarkan diri kita terbelenggu dari pikiran” yang dapat menahan kita sendiri nantinya…

    ingat pengalaman merupakan harta yang paling berharga, menurut saya kisah diatas bukan hanya sekedar cerita yang dapat kita ambil hikmahnya, melainkan juga Kita dapat memetik pengalaman darinya, walaupun bukan kita yang melaluinya.

    ~end

  2. Belajar dari pengalaman tidak selalu menuntut kita terjun dan mengalami peristiwa itu sendiri, melainkan belajar dari pengalaman orang lain dari sudut pandangnya dan sudut pandang kita, sehingga kita dapat menarik banyak pelajaran dari baik dan buruknya sebuah peristiwa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s