Lembaran Baru Hari Esok

Sun

1 Januari 2008

Matahari baru telah terbit di awal tahun 2008, sebuah perjalanan kehidupan seorang insan dilanjutkan dengan harapan dan impian baru tentang hari esok yang lebih indah. Moment seperti ini banyak dijadikan sebagai waktu untuk bermuhasabah, mengingat sejenak hari kemarin sebagai bekal pembelajaran hari esok.

Seorang bijak pernah berkata, bahwa ada dua hari dalam hidup ini yang sama sekali tak perlu anda khawatirkan.

Yang pertama..

Hari kemarin. Anda tak bisa mengubah apa pun yang telah terjadi. Anda tak bisa menarik perkataan yang telah terucapkan. Anda tak mungkin lagi menghapus kesalahan dan mengulangi kegembiraan yang anda rasakan kemarin. Biarkan hari kemarin berlalu;  lepaskan saja.

Yang kedua..

Hari esok. Hingga mentari esok hari terbit, anda tak tahu apa yang akan terjadi. Anda tak bisa melakukan apa-apa esok hari. Anda tak mungkin sedih atau ceria di esok hari. Esok hari belum tiba; biarkan saja.

Yang tersisa kini hanyalah hari ini. Pintu masa lalu telah tertutup dan pintu masa depan pun belum tiba. Pusatkan saja diri anda untuk hari ini. Anda dapat mengerjakan lebih banyak hal hari ini bila anda mampu memaafkan hari kemarin dan melepaskan ketakutan akan esok hari.

Hiduplah hari ini. Karena, masa lalu dan masa depan hanyalah permainan pikiran yang rumit. Hiduplah pa adanya, karena yang ada hanyalah hari ini.

Masa lalu, harapan dan misteri hari esok merupakan warna-warni kehidupan yang selalu memperindah perjalanan hidup itu sendiri, dimana setiap individu hidup dari masa lalunya dan seperti saat kita melihat bintang dilangit malam, kita akan tahu bahwa cahaya bintang tersebut menempuh jutaan tahun cahaya untuk sampai pada mata kita, hari ini kita melihat cahaya bintang yang dipancarkan kemarin.

Harapan adalah apa yang kita miliki saat ini, hari ini adalah harapan masa lalu dan harapan ini yang menempatkan pada posisi kita saat ini. Hari esok adalah misteri yang hanya Allah Yang Maha Mengetahui yang tahu pasti apa yang akan terjadi esok.

 

Hari ini ku tata kembali harapanku dengan lembaran baru untuk hari esok dari serpihan masa lalu

Hari ini ku angkat kembali tangan ini, menengadah ke arah Sang Pemilik waktu, Allah Yang Maha Kaya

Hari ini ku hujam kembali keyakinan di hatiku akan janji-Mu, Allah Yang Maha Mendengar do’a-do’a hamba-Nya yang meminta kepada-Nya

Allah Yang Maha Membolak-balikan hati manusia, jiwa ini dalam genggaman-Mu, izinkan terkabulnya do’a hamba-Mu ini yang memohon kepada-Mu dengan penuh harap dan keyakinan akan janji-Mu

Ya Allah,.. izinkan aku mendekat kepada-Mu
Ya Allah,.. izinkan aku belajar mencintai-Mu
Ya Allah,.. izinkan aku berharap dengan impianku akan karunia-Mu
Ya Allah,.. izinkan impianku menjadi harapanku dengan kehadiran dirinya dalam kehidupanku
Ya Allah,.. maafkan dosa-dosaku, kabulkanlah permohonanku..
Ya Allah Yang Maha Kaya, tidak ada yang mustahil bagi-Mu. Amin.

——–
Denis Rahadian
for you who always be my hope

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s