Ketika Cinta Berbicara

1170924_621253274581481_1021492829_n

SIMBOL itu dicipta oleh Erdogan, ya perdana menteri turki yang paling vokal mengecam pembantaian pemerintah mesir kepada rakyatnya. Saat itu Erdogan mengecam keras pembantaian besar-besaran pada Jumat dan Sabtu kemarin di Ramses Square dan pengepungan Masjid Fatih oleh junta Militer Mesir.

Dan mulai Sabtu kemarin, simbol 4 jari ramai dipakai oleh pengguna social media (twitter, fb) yang disebut-sebut menjadi simbol keteguhan, kekuatan, perlawanan dan persatuan untuk pendukung Mursi.

Erdogan yang mencetus simbol 4 jari tersebut pada Sabtu (17/8) , menyebutnya sebagai simbol mengenang medan jihad Rabiatul Adawiyah (Rabi’ah) yang telah dihancurkan oleh rejim zalim tentera Mesir. Simbol 4 jari memberi maksud Rabi’ah. Rabi’ah/arba’ah berarti Empat. Oleh sebab itu, angka 4 dijadikan sebagai simbol mengenang peristiwa di Rabi’ah sekaligus membawa maksud keteguhan, kekuatan dan solidariti.

1. Dalam bahasa Arab, Rabi’ah/arba’ah bermaksud Empat. Rab’ah dijadikan sebagai simbol (1) Keteguhan, (2) Kekuatan, (3) Perlawanan dan (4) Persatuan untuk seluruh dunia yang mencintai kebebasan.

2. Simbol 4 jari sebagai simbol untuk mengenang markas demonstran pro Mursi di Rabi’ah yang telah dihancurkan oleh tentera junta Militer. Simbol 4 jari untuk menunjukkan Rabi’ah Al-Adawiyah.

3. Simbol 4 jari ini diluncurkan oleh Perdana Menteri Turki, Recep Tayip Erdogan mulai Sabtu malam (17 Agustus 2013) setelah mengecam keras pembantaian yang dilakukan tentara junta Mesir yang terjadi pada hari Jumat dan Sabtu di Ramses Square dan Masjid Fatih yang dikepung tentera junta.

4. Tujuan avatar simbol #R4BIA dipakai oleh pendukung Mursi/Mesir di media sosial seperti facebook dan twitter sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap apa yang terjadi di Mesir.

Quote @salimafillah

1) Bagi tiap orang zhalim yang perkasa; Allah selalu hadirkan pejuang gigih. Tapi Dia Maha Kuasa mengakhiri dengan hal kecil & sederhana.

2) Bagi Fir’aun yang merasa kuasa mengalirkan Nil & memperbudak Bani Israil; ada Musa tak putus asa. Tapi airlah yang mengakhiri si raja.

3) Bagi Namrud yang menyatakan mampu menghidupkan & mematikan; ada Ibrahim mendebatnya. Tapi nyamuk saja yang menjadi sebab khatamnya.

4) Bagi gegap gempita kepungan pasukan Ahzab; ada keteguhan Nabi & para sahabat di dalam Khandaq. Tapi anginlah yang menyapu bersihnya.

5) Bagi Abrahah & pasukan gajah yang pongah; ada ‘Abdul Muthalib berserah pada Allah. Lalu batu kecil dari sijjil dilempar burung mungil.

6) Bagi Jalut yang kuatnya membuat takut & kecut; ada Thalut yang diutus bersama tabut. Tapi ketapel kecil bocah Dawud lah pembawa maut.

7) Maka tugas kita atas kezhaliman hanya taat pada Allah & berteguh istiqamah. Lalu bersiaplah tuk kejutan pertolonganNya Yang Maha Jaya.

1176197_398579440264136_258947467_n

Inilah suara cinta untuk saudara-saudara muslim Mesir dan dunia.

KCB

Kutipan tulisan Abu Robbani Abdullah:

“Kaum Muhammadiyah mengamalkan ayat-ayat tentang penyantunan anak yatim piatu, kaum papa dan pendidikan serta kesehatan. Sementara NU mengamalkan ayat-ayat tentang ilmu dan berdakwah dengan cara hikmah pada masyarakat awam di pedesaan dan kampung.

Salafiyyun berkhidmat terhadap ilmu. Adapun Mujahidin mengabdi kepada jihad dan pembelaan terhadap kaum tertindas. Tablighi berkhidmat kepada perbaikan akhlaq manusia dan dakwah. Sementara Ikhwani berkonsentrasi pada ranah siyasah Islamiyah di parlemen untuk menghadang kaum sekuler, liberal dan kafir.”

Sekali lagi, dakwah Islam membutuhkan semua itu. Saling tolong-menolong, saling bekerja sama dan sama-sama kerja; berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. Sikap itulah yang seharusnya dikedepankan di antara para aktifis dakwah dan jihad, bukan sebaliknya saling mencela dan menjatuhkan!

Referensi:

http://mataronis.blogspot.com/2013/08/galeri-aksi-solidaritas-untuk-rakyat.html

http://m.arrahmah.com/news/2013/08/19/pelajaran-pelajaran-mesir-berdarah.html

One thought on “Ketika Cinta Berbicara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s